Diploma IV Tourism Management

  • Dibaca: 638 Pengunjung

A.   VISI :

Menjadi program studi unggulan yang mandiri, kompetitif dan berkualitas internasional melalui pelaksanaan kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang manajemen kepariwisataan.

 

B.   MISI:

  1. Pendidikan dan pelatihan dengan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dibidang manajemen kepariwisataan.
  2. Sarana laboratorium yang sesuai dengan kemajuan teknologi.
  3. Menjalin jaringan kerjasama dengan asosiasi profesi dan industri dibidang manajemen  kepariwisataan.
  4. Proses pembelajaran yang mengacu pada standar internasional sehingga mendapat pengakuan dari pasar institusi pendidikan pariwisata internasional.
 
 

 

          Program Studi Manajemen Pariwisata merupakan program pendidikan vokasi jenjang diploma 4 bidang pariwisata yang menghasilkan tenaga kerja professional untuk pimpinan bidang pariwisata. Program studi yang telah terakreditasi dengan nilai “B” dari Badan Akreditasi Nasional Pergurua Tinggi (BAN PT) sejak bulan Juni 2014 ini memiliki kurikulum yang berbasis kompetensi dengan beban studi 150 sks. Program pendidikan vokasi yang dapat ditempuh selama 4 tahun ini menawarkan proses pembelajaran di kampus yang terdiri dari kombinasi praktek lapangan dan teori, serta satu semester Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Travel and Tourism Industry.

Program Studi Manajemen Pariwisata juga menawarkan kesempatan bagi calon pengembang dan penerus industri kepariwisataan dengan melakukan study banding baik destinasi di dalam negeri dan luar negeri. Pada tahun terakhir perkuliahan, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengimplementasikan seluruh ilmu kepariwisataan terkait kajian destinasi dengan melaksanakan Penelitian Lapangan Pariwisata (PLP) dan mempresentasikan kajian di hadapan stakeholder pariwisata seperti para akademisi, mahasiswa, masyarakat, dan pemerintahan.

 

Adapun profil lulusan program studi DIV Manajemen Pariwisata STPBI adalah sebagai berikut:

1)  Aparatur Sipil Negara untuk urusan Keparwisataan (Dinas Pariwisata Kota atau Provinsi; dan Kementrian Pariwisata).

2)  Tour Planner

3)  Travel Product Manager

4)  Tour Leader

5)  Tour Operator Manager

6)  Tour Guide

7)  Ticketing Manager

8)  Ground Handling Manager

9)  Business Event Manager

10)  Event Planner

11)  Human Resources Manager in Tourism & Hospitality Facilities

12)  Sales and Marketing Manager in Tourism & Hospitality Facilities

13)  Financial Manager in Tourism & Hospitality Facilities

14)  Tourism Destination Manager

15)  Wirausaha Bisnis Perjalanan Wisata

16)  Wirausaha Bisnis Perhelatan Wisata

17)  Wirausaha Objek Daya Tarik Wisata

 

Selain memiliki dosen senior yang berpengalaman dalam mengajar bidang kepariwisataan, program studi ini didukung oleh para dosennya yang creative dan innovative dengan latar belakang pendidikan S2 dan S3. Sebagian besar dosen pengampu telah menempuh pendidikan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga khasanah keilmuan yang diberikan pada mahasiswa tentu akan lebih kaya. Adapun kurikulum pembelajaran untuk program studi Manajemen Kepariwisataan adalah sebagai berikut :

  1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
  2. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan
  3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya
  4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya
  5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat
 
 
GALERI MAHASISWA DIV TOURISM MANAGEMENT
 
 
Mahasiswa DIV Manajemen Kepariwisataan saat mengunjungi Gunung Kawi
 
 
 

PKL DIV MKP 2015

DI KEMENTRIAN PARIWISATA, RI

 
 
 

Overland Trip 2015

Kunjungan ke Universitas Gadjah Mada dan Desa Wisata Kebon Agung, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Overland Trip 2016

Kunjungan ke Akpar Bandung dan Destinasi Wisata di Bandung

 

Overseas Trip 2015

Kunjungan ke Kaplan University Singapore dan Objek Daya Tarik Wisata Buatan di Singapura

 

PKL DIV MKP 2016

DI PHENOM EVENT MANAGEMENT INDONESIA

 

Overseas Trip 2016

Kunjungan ke Dusit Thani College Bangkok dan Objek Daya Tarik Wisata di Bangkok, Thailand

  • Dibaca: 638 Pengunjung