Pengembangan Desa Wisata Kendran Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kecamatan Tegalalang

  • 12 April 2017
  • Dibaca: 899 Pengunjung
Pengembangan Desa Wisata Kendran Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kecamatan Tegalalang
Setiap desa, terutama desa di Bali pasti mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri. Potensi yang besar dan keindahan alam yang terdapat di Desa Kendran dapat dimanfaatkan untuk menunjang kepariwisataan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Kendran sebagai desa wisata dan apa saja atraksi yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik wisata.
 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Kendran memiliki potensi wisata, baik secara fisik ataupun non-fisik untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Dengan pendekatan SWOT, diperoleh beberapa strategi untuk pengembangan atraksi Desa Kendran sebagai desa wisata, antara lain: mengembangkan pariwisata alam, budaya, dan spiritual secara maksimal; meningkatkan kerjasama antara pihak desa dan pemerintah pusat dalam hal penyediaan sarana dan prasarana pariwisata; menetapkan program-program desa wisata bagi Desa Kendran; mengembangkan jalur tracking yang bisa digunakan oleh wisatawan; mengembangkan rumah-rumah penduduk untuk dijadikan homestay; membangun fasilitas umum, seperti toilet, dll.; menjalin kerjasama dengan pihak travel agent atau Biro Perjalanan Wisata (BPW); mempertahankan keaslian alam desa sebagai suatu identitas yang menjadi potensi utama; meningkatkan kesadaran pemuda-pemudi desa untuk melestarikan budaya; meningkatkan promosi untuk memperkenalkan Desa Kendran; melakukan pelatihan bagi masyarakat desa, terutama dalam bidang pariwisata dan bahasa asing. Dari beberapa strategi tersebut, akhirnya menghasilkan program-program desa wisata, seperti : (1) Art Cultural Lesson, yang di dalamnya terdapat Dance, Painting, dan Statue Carving Lesson, (2) Traditional Game Program, (3) Village Tour Program, (4) Farm Lesson, (5) Yoga and Meditation Program, (6) Puppet Show Every Purnama and Tilem, (7) Temple Tour, (8) Outing Program, (9) Rice Tracking, (10) Cycling Tour, (11) Cooking Lesson, dan (12) Majejahitan Lesson.
 
Beberapa hal yang dapat disarankan adalah agar pemerintah, baik pemerintah desa, pemerintah daerah, ataupun pemerintah pusat segera merancang dan menetapkan program-program atau paket wisata yang akan dilaksanakan di Desa Kendran sebagai desa wisata ; Pemerintah Kabupaten Gianyar bersama pihak desa agar segera melakukan pembenahan dan pengembangan Desa Kendran sehingga memiliki sarana dan prasana pariwisata yang layak digunakan oleh wisatawan
 
Kata Kunci   : Pengembangan, Desa Wisata

Download Full Page
  • 12 April 2017
  • Dibaca: 899 Pengunjung

Jurnal Terkait Lainnya

Cari Jurnal